Rabu, 01 Agustus 2018

cara budidaya ikan cupang setelah menetas

Budidaya Ikan Cupang


ikan cupang


Budidaya Ikan Cupang – Ikan cupang adalah salah satu ikan hias yang indah bentuknya dan cukup gampang untuk dipelihara. Apalagi, untuk budidaya ikan yang satu ini, tidak wajib butuh tempat besar dan modal yang besar pula.


 


Pemeliharaannya lumayan cuma menyediakan botol saja untuk area ikannya, dan termasuk lebih dari satu peralatan yang lain, dengan begitu bisnis rumahan ini telah mampu berjalan. Cara mudah budidaya ikan cupang


 


Salah satu berlebihan yang dimiliki ikan cupang adalah energi tahannya yang luar biasa. Ikan yang satu ini bisa hidup dan bertahan terhadap lingkungan air yang minim dapat oksigen.


 


Nah, untuk cara awal di dalam mengawali budidaya ikan cupang, yang mesti dipersiapkan pertama adalah beroleh indukan, atau bibit ikan cupang yang berkualitas.


 


Indukan yang baik sudah pasti berasal berasal dari keturunan unggul, baik itu berasal dari sisi fisik, maupun situasi karakteristiknya.


 


Selanjutnya, simpan indukan betina dan jantan di daerah yang berbeda.


 


Nah, untuk bagaimana cara membedakannya? Yuk lihat dulu caranya.


 


Cara Membedakan Jenis Kelamin Ikan Cupang


 ikan-cupang-jantan


ikan cupang jantan


 


Untuk yang jantan, sudah pasti gerakannya lebih lincah dibandingkan yang betina, ekor dan sirip yang dimilikinya lebih lebar dan mengembang, miliki warna yang cerah, dan juga punyai tubuh yang lebih besar.


 


ikan-cupang-betina


ikan cupang betina


 


Untuk indukan yang betina, umumnya dari gerakannya lebih lamban berasal dari yang jantan, membawa ekor dan sirip yang lebih pendek, warna tubuhnya lebih kusam, dan mempunyai tubuh yang lebih kecil.


Pertanian organik


Pemijahan Ikan Cupang


perkawinan-ikan-cupang


perkawinan ikan cupang


 


Setelah semua siap, sediakan beberapa tempat yang berbentuk wadah berasal dari akuarium kecil, atau baskom plastik dengan ukuran 20 cm. Oiyah, jangan lupa termasuk untuk buat persiapan lebih dari satu gelas plastik untuk area ikan cupang yang betina.


 


Untuk tambahan, kamu juga bisa sediakan tumbuhan air, seandainya layaknya kayambang.


 


BACA Panduan Praktis Budidaya Udang Vaname di Indonesia


Dalam satu kali sistem perkawinan, kebanyakan ikan cupang mampu membuahkan kurang lebih hingga 1000 butir telur.


 


Sistem Pertanian organik


Yang mana telur-telur selanjutnya akan menetas dalam kurun saat 24 jam sehabis pembuahan pada ikan cupang betina.


 


Berdasarkan pengalaman para pembudidaya yang sudah dulu dilakukan sebelumnya, tingkat kematian terhadap pembenihan ikan cupang dapat dibilang memadai tinggi.


 


Dimana pada satu kali proses perkawinan umumnya hanya mampu dipanen 30-50 ikan cupang yang hidup.


 


Untuk indukan yang jantan, biasanya bisa dikawinkan sampai 8 X dengan interval kala tidak cukup lebih sekitar 2-3 minggu.


 


Sedangkan untuk indukan yang betina, kita rekomendasikan hanya dikawinkan satu kali saja.


 


Kenapa? Karena seandainya dipaksakan menjadi nggak enak, dan biasanya sakit juga. 


 


Nggak-nggak, dikarenakan jikalau dipaksakan dapat berdampak pada perkawinan yang selanjutnya, yang mana bakal terjadi yang namanya penurunan keanekaragaman type kelamin. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar