Sabtu, 04 Agustus 2018

cara beternak ikan cupang dengan mudah

Budidaya Ikan Cupang


ikan cupang


Budidaya Ikan Cupang – Ikan cupang adalah salah satu ikan hias yang indah bentuknya dan lumayan mudah untuk dipelihara. Apalagi, untuk budidaya ikan yang satu ini, tidak perlu membutuhkan area besar dan modal yang besar pula.


 


Pemeliharaannya lumayan cuma sediakan botol saja untuk daerah ikannya, dan termasuk sebagian peralatan yang lain, dengan begitu usaha rumahan ini telah bisa berjalan. Cara mudah budidaya ikan cupang


 


Salah satu berlebihan yang dimiliki ikan cupang adalah energi tahannya yang luar biasa. Ikan yang satu ini dapat hidup dan bertahan terhadap lingkungan air yang minim akan oksigen.


 


Nah, untuk langkah awal dalam memulai budidaya ikan cupang, yang harus dipersiapkan pertama adalah beroleh indukan, atau bibit ikan cupang yang berkualitas.


 


Indukan yang baik tentu saja berasal berasal dari keturunan unggul, baik itu dari sisi fisik, maupun suasana karakteristiknya.


 


Selanjutnya, simpan indukan betina dan jantan di daerah yang berbeda.


 


Nah, untuk bagaimana cara membedakannya? Yuk simak pernah caranya.


 


Cara Membedakan Jenis Kelamin Ikan Cupang


 ikan-cupang-jantan


ikan cupang jantan


 


Untuk yang jantan, tentunya gerakannya lebih lincah dibandingkan yang betina, ekor dan sirip yang dimilikinya lebih lebar dan mengembang, memiliki warna yang cerah, dan juga memiliki tubuh yang lebih besar.


 


ikan-cupang-betina


ikan cupang betina


 


Untuk indukan yang betina, umumnya berasal dari gerakannya lebih lamban dari yang jantan, membawa ekor dan sirip yang lebih pendek, warna tubuhnya lebih kusam, dan mempunyai tubuh yang lebih kecil.


Pertanian organik


Pemijahan Ikan Cupang


perkawinan-ikan-cupang


perkawinan ikan cupang


 


Setelah semua siap, sedia kan beberapa tempat yang berwujud wadah berasal dari akuarium kecil, atau baskom plastik bersama dengan ukuran 20 cm. Oiyah, jangan lupa terhitung untuk mempersiapkan sebagian gelas plastik untuk tempat ikan cupang yang betina.


 


Untuk tambahan, kamu termasuk bisa sedia kan tumbuhan air, jika seperti kayambang.


 


BACA Panduan Praktis Budidaya Udang Vaname di Indonesia


Dalam satu kali proses perkawinan, kebanyakan ikan cupang sanggup membuahkan tidak cukup lebih sampai 1000 butir telur.


 


Sistem Pertanian organik


Yang mana telur-telur tersebut akan menetas didalam kurun waktu 24 jam setelah pembuahan pada ikan cupang betina.


 


Berdasarkan pengalaman para pembudidaya yang telah dulu dikerjakan sebelumnya, tingkat kematian pada pembenihan ikan cupang sanggup dibilang memadai tinggi.


 


Dimana pada satu kali proses perkawinan biasanya cuma bisa dipanen 30-50 ikan cupang yang hidup.


 


Untuk indukan yang jantan, kebanyakan sanggup dikawinkan hingga 8 X bersama dengan interval waktu tidak cukup lebih lebih kurang 2-3 minggu.


 


Sedangkan untuk indukan yang betina, kita rekomendasikan cuma dikawinkan satu kali saja.


 


Kenapa? Karena sekiranya dipaksakan menjadi nggak enak, dan umumnya sakit juga. 


 


Nggak-nggak, gara-gara kalau dipaksakan bakal berdampak pada perkawinan yang selanjutnya, yang mana dapat berlangsung yang namanya penurunan keanekaragaman type kelamin. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar