Jumat, 03 Agustus 2018

cara budidaya ikan cupang beserta gambar

Budidaya Ikan Cupang


ikan cupang


Budidaya Ikan Cupang – Ikan cupang adalah salah satu ikan hias yang indah bentuknya dan memadai mudah untuk dipelihara. Apalagi, untuk budidaya ikan yang satu ini, tidak harus memerlukan tempat besar dan modal yang besar pula.


 


Pemeliharaannya lumayan cuma menyediakan botol saja untuk area ikannya, dan termasuk beberapa peralatan yang lain, dengan begitu bisnis rumahan ini telah dapat berjalan. Cara mudah budidaya ikan cupang


 


Salah satu berlebihan yang dimiliki ikan cupang adalah energi tahannya yang luar biasa. Ikan yang satu ini mampu hidup dan bertahan terhadap lingkungan air yang minim dapat oksigen.


 


Nah, untuk langkah awal di dalam mengawali budidaya ikan cupang, yang perlu dipersiapkan pertama adalah mendapatkan indukan, atau bibit ikan cupang yang berkualitas.


 


Indukan yang baik tentu saja berasal berasal dari keturunan unggul, baik itu berasal dari segi fisik, maupun keadaan karakteristiknya.


 


Selanjutnya, simpan indukan betina dan jantan di tempat yang berbeda.


 


Nah, untuk bagaimana cara membedakannya? Yuk liat pernah caranya.


 


Cara Membedakan Jenis Kelamin Ikan Cupang


 ikan-cupang-jantan


ikan cupang jantan


 


Untuk yang jantan, tentunya gerakannya lebih lincah dibandingkan yang betina, ekor dan sirip yang dimilikinya lebih lebar dan mengembang, punya warna yang cerah, dan juga mempunyai tubuh yang lebih besar.


 


ikan-cupang-betina


ikan cupang betina


 


Untuk indukan yang betina, kebanyakan berasal dari gerakannya lebih lamban berasal dari yang jantan, mempunyai ekor dan sirip yang lebih pendek, warna tubuhnya lebih kusam, dan memiliki tubuh yang lebih kecil.


Pertanian organik


Pemijahan Ikan Cupang


perkawinan-ikan-cupang


perkawinan ikan cupang


 


Setelah seluruh siap, sedia kan sebagian daerah yang berupa wadah berasal dari akuarium kecil, atau baskom plastik bersama dengan ukuran 20 cm. Oiyah, jangan lupa termasuk untuk buat persiapan sebagian gelas plastik untuk daerah ikan cupang yang betina.


 


Untuk tambahan, anda termasuk dapat menyediakan tumbuhan air, bila layaknya kayambang.


 


BACA Panduan Praktis Budidaya Udang Vaname di Indonesia


Dalam satu kali proses perkawinan, umumnya ikan cupang sanggup menghasilkan tidak cukup lebih hingga 1000 butir telur.


 


Sistem Pertanian organik


Yang mana telur-telur berikut bakal menetas didalam kurun waktu 24 jam sehabis pembuahan terhadap ikan cupang betina.


 


Berdasarkan pengalaman para pembudidaya yang udah pernah dijalankan sebelumnya, tingkat kematian terhadap pembenihan ikan cupang bisa dibilang lumayan tinggi.


 


Dimana pada satu kali proses perkawinan kebanyakan hanya dapat dipanen 30-50 ikan cupang yang hidup.


 


Untuk indukan yang jantan, biasanya sanggup dikawinkan hingga 8 X dengan interval pas kurang lebih lebih kurang 2-3 minggu.


 


Sedangkan untuk indukan yang betina, kami sarankan hanya dikawinkan satu kali saja.


 


Kenapa? Karena kalau dipaksakan jadi nggak enak, dan kebanyakan sakit juga. 


 


Nggak-nggak, sebab terkecuali dipaksakan bakal berdampak pada perkawinan yang selanjutnya, yang mana akan terjadi yang namanya penurunan keanekaragaman tipe kelamin. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar