Jumat, 03 Agustus 2018

cara memelihara ikan cupang dengan benar

Budidaya Ikan Cupang


ikan cupang


Budidaya Ikan Cupang – Ikan cupang adalah tidak benar satu ikan hias yang indah bentuknya dan cukup ringan untuk dipelihara. Apalagi, untuk budidaya ikan yang satu ini, tidak wajib memerlukan tempat besar dan modal yang besar pula.


 


Pemeliharaannya memadai cuma sedia kan botol saja untuk daerah ikannya, dan terhitung sebagian peralatan yang lain, bersama begitu bisnis rumahan ini telah bisa berjalan. Cara mudah budidaya ikan cupang


 


Salah satu berlebihan yang dimiliki ikan cupang adalah energi tahannya yang luar biasa. Ikan yang satu ini sanggup hidup dan bertahan pada lingkungan air yang minim akan oksigen.


 


Nah, untuk langkah awal dalam memulai budidaya ikan cupang, yang kudu dipersiapkan pertama adalah memperoleh indukan, atau bibit ikan cupang yang berkualitas.


 


Indukan yang baik tentu saja berasal berasal dari keturunan unggul, baik itu dari sisi fisik, maupun kondisi karakteristiknya.


 


Selanjutnya, simpan indukan betina dan jantan di area yang berbeda.


 


Nah, untuk bagaimana langkah membedakannya? Yuk review dulu caranya.


 


Cara Membedakan Jenis Kelamin Ikan Cupang


 ikan-cupang-jantan


ikan cupang jantan


 


Untuk yang jantan, tentunya gerakannya lebih lincah dibandingkan yang betina, ekor dan sirip yang dimilikinya lebih lebar dan mengembang, mempunyai warna yang cerah, dan juga punya tubuh yang lebih besar.


 


ikan-cupang-betina


ikan cupang betina


 


Untuk indukan yang betina, biasanya dari gerakannya lebih lamban berasal dari yang jantan, membawa ekor dan sirip yang lebih pendek, warna tubuhnya lebih kusam, dan punya tubuh yang lebih kecil.


Pertanian organik


Pemijahan Ikan Cupang


perkawinan-ikan-cupang


perkawinan ikan cupang


 


Setelah seluruh siap, sediakan sebagian tempat yang berwujud wadah dari akuarium kecil, atau baskom plastik bersama dengan ukuran 20 cm. Oiyah, jangan lupa juga untuk mempersiapkan lebih dari satu gelas plastik untuk daerah ikan cupang yang betina.


 


Untuk tambahan, kamu juga sanggup sedia kan tumbuhan air, jika seperti kayambang.


 


BACA Panduan Praktis Budidaya Udang Vaname di Indonesia


Dalam satu kali proses perkawinan, kebanyakan ikan cupang mampu membuahkan tidak cukup lebih sampai 1000 butir telur.


 


Sistem Pertanian organik


Yang mana telur-telur berikut bakal menetas dalam kurun pas 24 jam sehabis pembuahan terhadap ikan cupang betina.


 


Berdasarkan pengalaman para pembudidaya yang telah dulu dilakukan sebelumnya, tingkat kematian terhadap pembenihan ikan cupang mampu dibilang memadai tinggi.


 


Dimana terhadap satu kali proses perkawinan umumnya cuma sanggup dipanen 30-50 ikan cupang yang hidup.


 


Untuk indukan yang jantan, umumnya bisa dikawinkan hingga 8 X bersama interval sementara kurang lebih lebih kurang 2-3 minggu.


 


Sedangkan untuk indukan yang betina, kami sarankan hanya dikawinkan satu kali saja.


 


Kenapa? Karena seandainya dipaksakan menjadi nggak enak, dan biasanya sakit juga. 


 


Nggak-nggak, karena jika dipaksakan dapat berdampak pada perkawinan yang selanjutnya, yang mana bakal terjadi yang namanya penurunan keanekaragaman jenis kelamin. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar