Selasa, 31 Juli 2018

cara beternak ikan cupang agar berhasil

Budidaya Ikan Cupang


ikan cupang


Budidaya Ikan Cupang – Ikan cupang adalah tidak benar satu ikan hias yang indah bentuknya dan cukup gampang untuk dipelihara. Apalagi, untuk budidaya ikan yang satu ini, tidak perlu membutuhkan daerah besar dan modal yang besar pula.


 


Pemeliharaannya lumayan cuma menyediakan botol saja untuk daerah ikannya, dan juga beberapa peralatan yang lain, bersama begitu bisnis rumahan ini sudah dapat berjalan. Cara mudah budidaya ikan cupang


 


Salah satu berlebihan yang dimiliki ikan cupang adalah kekuatan tahannya yang luar biasa. Ikan yang satu ini mampu hidup dan bertahan terhadap lingkungan air yang minim akan oksigen.


 


Nah, untuk langkah awal dalam memulai budidaya ikan cupang, yang wajib dipersiapkan pertama adalah mendapatkan indukan, atau bibit ikan cupang yang berkualitas.


 


Indukan yang baik tentu saja berasal berasal dari keturunan unggul, baik itu berasal dari sisi fisik, maupun keadaan karakteristiknya.


 


Selanjutnya, simpan indukan betina dan jantan di area yang berbeda.


 


Nah, untuk bagaimana cara membedakannya? Yuk liat pernah caranya.


 


Cara Membedakan Jenis Kelamin Ikan Cupang


 ikan-cupang-jantan


ikan cupang jantan


 


Untuk yang jantan, tentu saja gerakannya lebih lincah dibandingkan yang betina, ekor dan sirip yang dimilikinya lebih lebar dan mengembang, miliki warna yang cerah, serta punyai tubuh yang lebih besar.


 


ikan-cupang-betina


ikan cupang betina


 


Untuk indukan yang betina, biasanya dari gerakannya lebih lamban berasal dari yang jantan, membawa ekor dan sirip yang lebih pendek, warna tubuhnya lebih kusam, dan miliki tubuh yang lebih kecil.


Pertanian organik


Pemijahan Ikan Cupang


perkawinan-ikan-cupang


perkawinan ikan cupang


 


Setelah semua siap, menyediakan sebagian area yang berwujud wadah berasal dari akuarium kecil, atau baskom plastik dengan ukuran 20 cm. Oiyah, jangan lupa juga untuk buat persiapan sebagian gelas plastik untuk area ikan cupang yang betina.


 


Untuk tambahan, anda juga sanggup menyediakan tumbuhan air, andaikan seperti kayambang.


 


BACA Panduan Praktis Budidaya Udang Vaname di Indonesia


Dalam satu kali proses perkawinan, kebanyakan ikan cupang mampu membuahkan kurang lebih hingga 1000 butir telur.


 


Sistem Pertanian organik


Yang mana telur-telur berikut bakal menetas di dalam kurun waktu 24 jam sesudah pembuahan pada ikan cupang betina.


 


Berdasarkan pengalaman para pembudidaya yang telah dulu ditunaikan sebelumnya, tingkat kematian pada pembenihan ikan cupang bisa dibilang lumayan tinggi.


 


Dimana pada satu kali proses perkawinan kebanyakan hanya dapat dipanen 30-50 ikan cupang yang hidup.


 


Untuk indukan yang jantan, kebanyakan bisa dikawinkan hingga 8 X dengan interval sementara tidak cukup lebih lebih kurang 2-3 minggu.


 


Sedangkan untuk indukan yang betina, kami rekomendasikan hanya dikawinkan satu kali saja.


 


Kenapa? Karena jikalau dipaksakan jadi nggak enak, dan biasanya sakit juga. 


 


Nggak-nggak, gara-gara jika dipaksakan dapat berdampak pada perkawinan yang selanjutnya, yang mana akan berjalan yang namanya penurunan keanekaragaman style kelamin. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar