Selasa, 31 Juli 2018

cara budidaya ikan cupang serta gambar

Budidaya Ikan Cupang


ikan cupang


Budidaya Ikan Cupang – Ikan cupang adalah keliru satu ikan hias yang indah bentuknya dan cukup enteng untuk dipelihara. Apalagi, untuk budidaya ikan yang satu ini, tidak harus perlu tempat besar dan modal yang besar pula.


 


Pemeliharaannya cukup hanya sediakan botol saja untuk daerah ikannya, dan terhitung lebih dari satu peralatan yang lain, bersama begitu bisnis rumahan ini udah mampu berjalan. Cara mudah budidaya ikan cupang


 


Salah satu berlebihan yang dimiliki ikan cupang adalah energi tahannya yang luar biasa. Ikan yang satu ini bisa hidup dan bertahan terhadap lingkungan air yang minim dapat oksigen.


 


Nah, untuk langkah awal dalam memulai budidaya ikan cupang, yang kudu dipersiapkan pertama adalah memperoleh indukan, atau bibit ikan cupang yang berkualitas.


 


Indukan yang baik sudah pasti berasal berasal dari keturunan unggul, baik itu dari sisi fisik, maupun keadaan karakteristiknya.


 


Selanjutnya, simpan indukan betina dan jantan di daerah yang berbeda.


 


Nah, untuk bagaimana cara membedakannya? Yuk liat pernah caranya.


 


Cara Membedakan Jenis Kelamin Ikan Cupang


 ikan-cupang-jantan


ikan cupang jantan


 


Untuk yang jantan, tentunya gerakannya lebih lincah dibandingkan yang betina, ekor dan sirip yang dimilikinya lebih lebar dan mengembang, punyai warna yang cerah, dan juga memiliki tubuh yang lebih besar.


 


ikan-cupang-betina


ikan cupang betina


 


Untuk indukan yang betina, biasanya berasal dari gerakannya lebih lamban dari yang jantan, membawa ekor dan sirip yang lebih pendek, warna tubuhnya lebih kusam, dan memiliki tubuh yang lebih kecil.


Pertanian organik


Pemijahan Ikan Cupang


perkawinan-ikan-cupang


perkawinan ikan cupang


 


Setelah semua siap, sedia kan sebagian daerah yang berupa wadah dari akuarium kecil, atau baskom plastik dengan ukuran 20 cm. Oiyah, jangan lupa termasuk untuk buat persiapan beberapa gelas plastik untuk area ikan cupang yang betina.


 


Untuk tambahan, anda termasuk dapat sediakan tumbuhan air, misalnya layaknya kayambang.


 


BACA Panduan Praktis Budidaya Udang Vaname di Indonesia


Dalam satu kali sistem perkawinan, kebanyakan ikan cupang bisa membuahkan tidak cukup lebih hingga 1000 butir telur.


 


Sistem Pertanian organik


Yang mana telur-telur selanjutnya dapat menetas di dalam kurun pas 24 jam sehabis pembuahan terhadap ikan cupang betina.


 


Berdasarkan pengalaman para pembudidaya yang udah pernah dilakukan sebelumnya, tingkat kematian terhadap pembenihan ikan cupang mampu dibilang memadai tinggi.


 


Dimana pada satu kali proses perkawinan biasanya cuma bisa dipanen 30-50 ikan cupang yang hidup.


 


Untuk indukan yang jantan, biasanya dapat dikawinkan sampai 8 X bersama dengan interval saat tidak cukup lebih sekitar 2-3 minggu.


 


Sedangkan untuk indukan yang betina, kami sarankan hanya dikawinkan satu kali saja.


 


Kenapa? Karena misalnya dipaksakan menjadi nggak enak, dan umumnya sakit juga. 


 


Nggak-nggak, dikarenakan kecuali dipaksakan dapat berdampak pada perkawinan yang selanjutnya, yang mana bakal berlangsung yang namanya penurunan keanekaragaman type kelamin. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar