Selasa, 31 Juli 2018

cara budidaya ikan cupang sisir

Budidaya Ikan Cupang


ikan cupang


Budidaya Ikan Cupang – Ikan cupang adalah tidak benar satu ikan hias yang indah bentuknya dan cukup ringan untuk dipelihara. Apalagi, untuk budidaya ikan yang satu ini, tidak wajib membutuhkan daerah besar dan modal yang besar pula.


 


Pemeliharaannya lumayan hanya sediakan botol saja untuk tempat ikannya, dan juga lebih dari satu peralatan yang lain, dengan begitu bisnis rumahan ini udah mampu berjalan. Cara mudah budidaya ikan cupang


 


Salah satu berlebihan yang dimiliki ikan cupang adalah energi tahannya yang luar biasa. Ikan yang satu ini bisa hidup dan bertahan terhadap lingkungan air yang minim bakal oksigen.


 


Nah, untuk langkah awal didalam mengawali budidaya ikan cupang, yang perlu dipersiapkan pertama adalah memperoleh indukan, atau bibit ikan cupang yang berkualitas.


 


Indukan yang baik pastinya berasal berasal dari keturunan unggul, baik itu dari segi fisik, maupun suasana karakteristiknya.


 


Selanjutnya, simpan indukan betina dan jantan di daerah yang berbeda.


 


Nah, untuk bagaimana cara membedakannya? Yuk simak pernah caranya.


 


Cara Membedakan Jenis Kelamin Ikan Cupang


 ikan-cupang-jantan


ikan cupang jantan


 


Untuk yang jantan, pastinya gerakannya lebih lincah dibandingkan yang betina, ekor dan sirip yang dimilikinya lebih lebar dan mengembang, mempunyai warna yang cerah, serta memiliki tubuh yang lebih besar.


 


ikan-cupang-betina


ikan cupang betina


 


Untuk indukan yang betina, kebanyakan dari gerakannya lebih lamban berasal dari yang jantan, mempunyai ekor dan sirip yang lebih pendek, warna tubuhnya lebih kusam, dan mempunyai tubuh yang lebih kecil.


Pertanian organik


Pemijahan Ikan Cupang


perkawinan-ikan-cupang


perkawinan ikan cupang


 


Setelah semua siap, sediakan lebih dari satu area yang bersifat wadah berasal dari akuarium kecil, atau baskom plastik bersama ukuran 20 cm. Oiyah, jangan lupa terhitung untuk mempersiapkan beberapa gelas plastik untuk area ikan cupang yang betina.


 


Untuk tambahan, anda termasuk dapat sediakan tumbuhan air, sekiranya layaknya kayambang.


 


BACA Panduan Praktis Budidaya Udang Vaname di Indonesia


Dalam satu kali proses perkawinan, biasanya ikan cupang mampu menghasilkan tidak cukup lebih hingga 1000 butir telur.


 


Sistem Pertanian organik


Yang mana telur-telur tersebut akan menetas dalam kurun sementara 24 jam sesudah pembuahan pada ikan cupang betina.


 


Berdasarkan pengalaman para pembudidaya yang sudah pernah dijalankan sebelumnya, tingkat kematian terhadap pembenihan ikan cupang sanggup dibilang lumayan tinggi.


 


Dimana terhadap satu kali proses perkawinan kebanyakan cuma sanggup dipanen 30-50 ikan cupang yang hidup.


 


Untuk indukan yang jantan, biasanya sanggup dikawinkan hingga 8 X bersama interval pas tidak cukup lebih kurang lebih 2-3 minggu.


 


Sedangkan untuk indukan yang betina, kami sarankan cuma dikawinkan satu kali saja.


 


Kenapa? Karena misalnya dipaksakan menjadi nggak enak, dan umumnya sakit juga. 


 


Nggak-nggak, dikarenakan kalau dipaksakan dapat berdampak pada perkawinan yang selanjutnya, yang mana bakal berlangsung yang namanya penurunan keanekaragaman model kelamin. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar