Minggu, 29 Juli 2018

cara memelihara ikan cupang betina

Budidaya Ikan Cupang


ikan cupang


Budidaya Ikan Cupang – Ikan cupang adalah keliru satu ikan hias yang indah bentuknya dan cukup gampang untuk dipelihara. Apalagi, untuk budidaya ikan yang satu ini, tidak kudu memerlukan area besar dan modal yang besar pula.


 


Pemeliharaannya lumayan cuma sediakan botol saja untuk area ikannya, dan terhitung beberapa peralatan yang lain, bersama begitu usaha rumahan ini telah dapat berjalan. Cara mudah budidaya ikan cupang


 


Salah satu berlebihan yang dimiliki ikan cupang adalah energi tahannya yang luar biasa. Ikan yang satu ini sanggup hidup dan bertahan pada lingkungan air yang minim dapat oksigen.


 


Nah, untuk langkah awal dalam mengawali budidaya ikan cupang, yang kudu dipersiapkan pertama adalah meraih indukan, atau bibit ikan cupang yang berkualitas.


 


Indukan yang baik tentu saja berasal berasal dari keturunan unggul, baik itu dari sisi fisik, maupun situasi karakteristiknya.


 


Selanjutnya, simpan indukan betina dan jantan di area yang berbeda.


 


Nah, untuk bagaimana cara membedakannya? Yuk liat pernah caranya.


 


Cara Membedakan Jenis Kelamin Ikan Cupang


 ikan-cupang-jantan


ikan cupang jantan


 


Untuk yang jantan, tentunya gerakannya lebih lincah dibandingkan yang betina, ekor dan sirip yang dimilikinya lebih lebar dan mengembang, punyai warna yang cerah, dan juga miliki tubuh yang lebih besar.


 


ikan-cupang-betina


ikan cupang betina


 


Untuk indukan yang betina, biasanya berasal dari gerakannya lebih lamban berasal dari yang jantan, mempunyai ekor dan sirip yang lebih pendek, warna tubuhnya lebih kusam, dan memiliki tubuh yang lebih kecil.


Pertanian organik


Pemijahan Ikan Cupang


perkawinan-ikan-cupang


perkawinan ikan cupang


 


Setelah semua siap, menyediakan beberapa tempat yang berwujud wadah dari akuarium kecil, atau baskom plastik dengan ukuran 20 cm. Oiyah, jangan lupa terhitung untuk buat persiapan lebih dari satu gelas plastik untuk daerah ikan cupang yang betina.


 


Untuk tambahan, anda terhitung mampu sediakan tumbuhan air, kalau layaknya kayambang.


 


BACA Panduan Praktis Budidaya Udang Vaname di Indonesia


Dalam satu kali proses perkawinan, biasanya ikan cupang dapat menghasilkan kurang lebih hingga 1000 butir telur.


 


Sistem Pertanian organik


Yang mana telur-telur tersebut akan menetas didalam kurun kala 24 jam sesudah pembuahan pada ikan cupang betina.


 


Berdasarkan pengalaman para pembudidaya yang telah pernah ditunaikan sebelumnya, tingkat kematian pada pembenihan ikan cupang sanggup dibilang lumayan tinggi.


 


Dimana pada satu kali sistem perkawinan umumnya cuma bisa dipanen 30-50 ikan cupang yang hidup.


 


Untuk indukan yang jantan, umumnya mampu dikawinkan sampai 8 X dengan interval waktu kurang lebih lebih kurang 2-3 minggu.


 


Sedangkan untuk indukan yang betina, kita sarankan cuma dikawinkan satu kali saja.


 


Kenapa? Karena misalnya dipaksakan jadi nggak enak, dan biasanya sakit juga. 


 


Nggak-nggak, sebab jikalau dipaksakan dapat berdampak terhadap perkawinan yang selanjutnya, yang mana bakal terjadi yang namanya penurunan keanekaragaman jenis kelamin. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar