Minggu, 29 Juli 2018

cara ternak ikan cupang dengan mudah

Budidaya Ikan Cupang


ikan cupang


Budidaya Ikan Cupang – Ikan cupang adalah tidak benar satu ikan hias yang indah bentuknya dan cukup ringan untuk dipelihara. Apalagi, untuk budidaya ikan yang satu ini, tidak mesti membutuhkan area besar dan modal yang besar pula.


 


Pemeliharaannya memadai hanya sedia kan botol saja untuk daerah ikannya, dan juga lebih dari satu peralatan yang lain, dengan begitu bisnis rumahan ini sudah dapat berjalan. Cara mudah budidaya ikan cupang


 


Salah satu berlebihan yang dimiliki ikan cupang adalah kekuatan tahannya yang luar biasa. Ikan yang satu ini dapat hidup dan bertahan pada lingkungan air yang minim akan oksigen.


 


Nah, untuk langkah awal dalam memulai budidaya ikan cupang, yang mesti dipersiapkan pertama adalah meraih indukan, atau bibit ikan cupang yang berkualitas.


 


Indukan yang baik tentunya berasal berasal dari keturunan unggul, baik itu dari segi fisik, maupun keadaan karakteristiknya.


 


Selanjutnya, simpan indukan betina dan jantan di area yang berbeda.


 


Nah, untuk bagaimana langkah membedakannya? Yuk lihat dulu caranya.


 


Cara Membedakan Jenis Kelamin Ikan Cupang


 ikan-cupang-jantan


ikan cupang jantan


 


Untuk yang jantan, tentunya gerakannya lebih lincah dibandingkan yang betina, ekor dan sirip yang dimilikinya lebih lebar dan mengembang, miliki warna yang cerah, serta punyai tubuh yang lebih besar.


 


ikan-cupang-betina


ikan cupang betina


 


Untuk indukan yang betina, kebanyakan berasal dari gerakannya lebih lamban dari yang jantan, mempunyai ekor dan sirip yang lebih pendek, warna tubuhnya lebih kusam, dan memiliki tubuh yang lebih kecil.


Pertanian organik


Pemijahan Ikan Cupang


perkawinan-ikan-cupang


perkawinan ikan cupang


 


Setelah semua siap, menyediakan beberapa tempat yang berupa wadah dari akuarium kecil, atau baskom plastik bersama dengan ukuran 20 cm. Oiyah, jangan lupa terhitung untuk buat persiapan sebagian gelas plastik untuk area ikan cupang yang betina.


 


Untuk tambahan, kamu terhitung bisa menyediakan tumbuhan air, apabila seperti kayambang.


 


BACA Panduan Praktis Budidaya Udang Vaname di Indonesia


Dalam satu kali proses perkawinan, umumnya ikan cupang mampu menghasilkan tidak cukup lebih hingga 1000 butir telur.


 


Sistem Pertanian organik


Yang mana telur-telur selanjutnya bakal menetas didalam kurun selagi 24 jam sesudah pembuahan terhadap ikan cupang betina.


 


Berdasarkan pengalaman para pembudidaya yang udah pernah dijalankan sebelumnya, tingkat kematian terhadap pembenihan ikan cupang mampu dibilang cukup tinggi.


 


Dimana terhadap satu kali proses perkawinan kebanyakan cuma bisa dipanen 30-50 ikan cupang yang hidup.


 


Untuk indukan yang jantan, umumnya dapat dikawinkan sampai 8 X dengan interval sementara tidak cukup lebih kurang lebih 2-3 minggu.


 


Sedangkan untuk indukan yang betina, kami anjurkan hanya dikawinkan satu kali saja.


 


Kenapa? Karena jika dipaksakan jadi nggak enak, dan biasanya sakit juga. 


 


Nggak-nggak, dikarenakan jikalau dipaksakan dapat berdampak terhadap perkawinan yang selanjutnya, yang mana bakal berjalan yang namanya penurunan keanekaragaman jenis kelamin. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar